Waspadai Tanda-Tanda Kanker Serviks

Kanker serviks seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi wanita karena apabila tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan kematian. Bahkan kanker serviks menjadi faktor kematian utama bagi wanita. Wanita yang mempunyai resiko terkena kanker ini adalah wanita yang memiliki genetik kanker, perokok aktif, aktif melakukan hubungan seksual pada usia dini, dan berhubungan seksual dengan banyak pasangan. Semua resiko ini dapat dilakukan pencegahan secara maksimal dengan pola hidup yang sehat. Meskipun seseorang mempunyai resiko karena diturunkan, tetapi apabila ia menjalankan pola hidup sehat maka resiko dapat dikurangi.

Untuk melakukan hubungan seksual, ada baiknya dilakukan setelah wanita menginjak usia 16 tahun karena pada saat ini organ reproduksi telah siap. Oleh sebab itu, wanita yang secara aktif berhubungan seksual sejak dini kelak akan memicu kanker serviks. Adapun bagi semua orang dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual dengan satu pasangan saja, karena berganti-ganti pasangan menjadi penyebab penyakit seksual dan tentu saja yang lebih parah adalah kanker serviks. Hindarilah merokok karena efek dari merokok adalah mengganggu banyak sistem dan organ di dalam tubuh. Tidak hanya serviks saja, tetapi juga paru-paru, jantung, bahkan kemandulan.

Tanda-Tanda Kanker Serviks

Kanker Serviks_3

Tanda-tanda kanker serviks bermula ketika terasa sakit saat berhubungan seksual bahkan sampai berdarah. Ditambah lagi keputihan yang abnormal. Keputihan abnormal ditandai dengan warnanya yang putih sampai kekuningan atau kehijauan, berbau dan lengket di celana. Seringkali keputihan yang tidak normal menyebabkan rasa nyeri di perut bagian bawah atau pinggang. Pendarahan pada vagina ketika buang air kecil juga perlu diwaspadai disertai dengan susah buang air besar dan bengkak pada salah satu kaki. Menstruasi yang lebih lama dan lebih berat juga menjadi tanda-tanda abnormal. Memang hal yang paling utama adalah mencegahnya, tetapi jika sudah terlanjur mengalami gejala-gejala ini maka atasi dengan tepat sebelum gejala semakin memburuk.

Tanaman kunyit putih menjadi tanaman herbal yang dapat membantu mengatasi kanker serviks. Minum air rebusan kunyit putih juga dapat membantu mengatasi masalah lain yang berkaitan dengan organ reproduksi seperti keputihan dan nyeri haid. Anda juga dapat membuat sendiri ramuan dari daun sirsak. Rebus 3 lembar daun sirsak selama 20 menit. Setelah mendidih, saring airnya dan tunggu sampai hangat-hangat kuku lalu airnya diminum. Dari daun belimbing, Anda pun dapat membuat ramuan alami obat kanker. Caranya adalah dengan menggunakan daun belimbing, bayam merah, daun cermai, daun pepaya muda, wortel, dan madu.

Bahan-bahan tersebut dicuci sampai bersih dan tempatkan di dalam wadah. Giling sampai bahan-bahan halus. Saring airnya dengan menambahkan sedikit air, lalu tambahkan madu sedikit saja. Minumlah satu gelas setiap hari. Berikutnya ada ramuan dari tapak dara dan kulit kayu pulasari, buah adas, dan gula merah. Campurkan semua bahan dan rebus dengan tiga gelas air. Saring airnya lalu minum setengah gelas sebanyak tiga kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *