Penyebab Terjadinya Kanker Usus

Kanker usus merupakan sebuah penyakit yang terdapat pada usus halus atau usus besar. Pada usus besar kanker ini juga disebut kolon sedangkan jika kanker telah menyebar maka disebut sebagai kanker rektum. Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem yang memiliki peran penting bagi tubuh manusia. Karena dari sistem inilah makanan yang kita makan bisa diserap semua manfaat yang ada pada makanan. Kemudian hasil dari serapan ini akan diubah menjadi beberapa hal termasuk energi dan berfungsi untuk pertumbuhan. Dalam hal ini, usus memiliki peran terpenting dalam proses penyerapan sari makanan.

ciri-ciri kanker usus halus dan besar

Kanker Usus

Adapun ciri-ciri kanker usus halus dan besar bisa dilihat pada sembelit, yaitu susah untuk buang air besar. Jika seseorang terkena sembelit maka sudah pasti pencernaannya terganggu. Perasaan penuh pada perut ini disebabkan oleh sembelit, ini merupakan akibat dari kotoran yang tidak bisa dikeluarkan. Kita juga bisa menandai kebiasaan buang air besar yang frekuensinya selalu berubah setiap waktu. Hal ini disebabkan oleh tumor yang menghalangi usus besar pada penderita. Selain itu, hal yang perlu diwaspadai adalah keluarnya tinja yang bercampur darah.

Jika kita mendapati tinja yang keluar telah bercampur darah, sebaiknya segera periksakan ke dokter sehingga bisa diteliti dan ditangani dengan cepat. Selain dengan keluarnya darah, kanker usus juga sering ditandai dengan adanya diare yang terjadi secara terus-menerus. Sedangkan jika dilihat secara fisik, maka badan akan mengalami penurunan yang terjadi secara tiba-tiba. Lalu, siapa saja yang berisiko terhadap kanker usus ini? Sebenarnya semua orang bisa saja terkena penyakit ini, namun ada beberapa orang yang risikonya besar.

Orang pertama adalah yang memiliki riwayat keturunan, kanker bisa melakukan mutasi genetik sehingga seseorang yang memiliki penyakit ini kemungkinan besar keturunannya akan mengalaminya juga. Selain itu, penyakit kanker usus juga rawan terhadap orang yang sistem pencernaannya sudah berkurang fungsinya, seperti pada orang yang telah menginjak usia 40 tahun. Pola makan yang tidak sehat juga bisa menjadi sasaran empuk bagi kanker usus. Selain itu, penerapan pola hidup yang tidak sehat juga sangat rawan akan penyakit mematikan ini.

Ciri-ciri Kanker Usus

Ciri-ciri kanker usus di atas sangat penting untuk kita ketahui yang kemudian kita lihat pada diri sendiri dan orang sekitar kita. Karena penyakit ini sangat berbahaya, sehingga kita harus selalu menjaga kesehatan melalui makanan yang sehat seperti sayur dan buah, minum air putih secukupnya. Sebaiknya hati-hati terhadap makanan yang mengandung bahan pengawet dan makanan cepat saji yang saat ini banyak disukai anak-anak. Daging olahan dan yang dikalengkan sebaiknya dikurangi porsi makannya. Demikian juga dengan makanan yang mengandung pemanis buatan dan pewarna yang berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *