Penyebab dan Masa Penyembuhan Demam Berdarah

Demam berdarah yang selama ini kita kenal adalah demam yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aides aegypti. Setelah nyamuk ini menggigit manusia, maka ia akan meninggalkan virus yang akan membuat tergigit menjadi demam dan rasa nyeri yang luar biasa. Bahkan rasa nyeri ini akan terasa hingga tulang, setelah itu tidak hanya satu orang yang akan mengalami hal ini. Namun penyakit ini sering mewabah di negara kita pada setiap tahunnya. Ratusan hingga ribuan orang bisa terkena virus ini dalam waktu Yang sangat singkat.

gejala klinis demam berdarah

Demam Berdarah

Tidak sembarang nyamuk bisa menyebabkan demam berdarah ini, karena hanya nyamuk aides aegypti yang memiliki ciri-ciri seperti belang hitam putih pada seluruh tubuh dan bahkan kakinya. Nyamuk jenis ini sangat suka pada genangan air bersih seperti pada bak kamar mandi, genangan air, tempayan, vas bunga dan barang bekas yang bisa digenangi air. Nyamuk ini tidak bisa berkembang biak pada genangan air yang langsung berhubungan dengan tanah. Nyamuk penyebab demam berdarah ini mempunyai kebiasaan menggigit mangsanya pada pagi dan sore hari.

Adapun gejala klinis demam berdarah di antaranya adalah demam yang berlangsung terus menerus dalam beberapa hari biasanya bisa berlangsung hingga 7 hari. Demam ini bisa mencapai hingga 40 derajat celcius dengan kondisi penderita lemah dan lesu dan pucat. Kemudian akan muncul pendarahan pada mulut, hidung (mimisan) dan dari dubur ketika BAB. Lalu, ciri yang lain adalah adanya bintik merah di seluruh tubuh, namun bintik ini tidak hilang ketika direnggangkan. Gejala yang lainnya adalah adanya sakit perut yang sangat hingga bisa muntah. Selain itu, jumlah trombosit akan berkurang secara drastis, sakit kepala yang berat dan sendi juga menjadi ciri lainnya.

Masa penyembuhan penyakit demam berdarah

Masa penyembuhan penyakit demam berdarah membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun ini juga tergantung pada kondisi tubuh dan juga jenis kelamin penderita. Jika hal ini menyerang, ada hal yang harus Anda lakukan sebelum membawanya ke dokter dan akhirnya harus dirawat inap. Hal pertama adalah dampingi penderita yang sedang mengalami demam, kemudian berikan ia minum air putih dalam ukuran yang banyak dan obat penurun panas. Kemudian bawalah pasien ke rumah sakit atau Puskesmas. Penderita yang tidak bisa makan dan minum dengan baik harus diberikan bantuan cairan melalui infus.

Karena penyebab penyakit demam berdarah ini adalah nyamuk, maka sebaiknya kita selalu menjaga kebersihan lingkungan. Caranya adalah dengan memberantas nyamuk menggunakan cara tiga M yaitu menguras, menutup, dan mengubur barang bekas yang bisa menjadi sarang nyamuk. Jika perlu taburkan bubuk abate ke dalam bak mandi dan juga tempat penampungan air. Selain dengan hal tersebut, kita juga bisa mencegahnya dengan cara makan makanan yang bergizi, berolahraga, istirahat yang cukup dan banyak minum air putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *