Penyakit Kronis Diabetes dan Gejala

Diabetes merupakan penyakit yang banyak terjadi pada usia 40an meskipun ada juga yang terkena diabetes pada usia yang masih tergolong muda. Penyakit ini adalah merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan naiknya kadar gula dalam darah yang disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada metabolisme tubuh. Banyak orang yang mengira bahwa diabetes dapat disembuhkan, padahal tidak. Namun kita bisa mengontrol kadar gula sehingga penderita bisa menjalani kehidupan seperti biasa. Dan ia bisa kembali hidup normal, namun sebaiknya penanganannya dilakukan lebih dini yaitu ketika penderita mengetahui bahwa kadar gulanya tinggi.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab penyakit diabetes ini, namun yang menjadi penyebab utama adalah sistem imun dalam tubuh yang melawan hormon insulin. Sehingga dengan adanya kondisi seperti ini dapat membuat penderita kekurangan hingga tidak memiliki insulin, sehingga gula tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan hanya menumpuk saja pada aliran darah. Namun penyebab lain yang bisa berisiko antara lain faktor genetik, lemak yang berlebih, malas berolahraga dan usia.

gejala penyakit diabetes

Diabetes

Sehingga jika Anda ingin terhindar dari penyakit yang termasuk mematikan ini, maka hindari beberapa makanan yang dapat menunjangnya seperti makanan berlemak dan makanan dengan kadar gula tinggi. Selain itu, merokok dan juga minuman beralkohol juga menjadi hal lain yang bisa menjadi penyebabnya. Agar tidak terjadi penimbunan lemak dalam tubuh, sebaiknya lakukan olahraga secara teratur. Adapun gejala penyakit diabetes yang sering timbul antara lain adalah secara tiba-tiba sering buang air kecil, sering merasa kehausan dan banyak minum.

Gejala lain adalah berat badan yang turun secara drastis karena tubuh tidak bisa mengolah gula sehingga otot dan cadangan lemak diproses menjadi energi. Sedangkan gejala lain adalah perasaan mudah lelah meskipun tidak mengerjakan pekerjaan berat. Kesemutan juga bisa menjadi salah satu gejalanya, karena ujung saraf sangat sedikit dialiri darah. Penderita diabetes ini akan lama dalam mengalami proses pemulihan ketika terjadi luka pada kulitnya. Bahkan penderita bisa mengalami luka terbuka tanpa disadarinya, dan luka yang ada akan membesar dan bahkan membusuk.

penyakit komplikasi akibat diabetes

Dalam tahap yang sudah parah, akan muncul penyakit komplikasi akibat diabetes ini. Komplikasi yang akan muncul pada jangka panjang adalah kerusakan pada pembuluh darah. Selain itu, penyakit yang sangat sering menjadi penyebab kematian pada penderita diabetes adalah penyakit jantung koroner. Komplikasi lain adalah stroke, kebutaan, ginjal dan syaraf. Pada penderita diabetes ini akan tergantung pada insulin, sehingga ia harus melakukan suntik insulin pada tubuhnya dengan waktu yang telah ditentukan oleh dokter. Namun demikian, penderita juga bisa mengontrol gula darahnya dengan menggunakan berbagai tumbuhan herbal yang kini banyak yang telah tersedia dalam kemasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *