Penyakit Gondongan Pada Anak Beserta Pengobatannya

Penyakit gondongan pada anak adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat virus yang menular. Dengan kita terjangkit gondongan akan membuat bagian leher anak menjadi bengkak. Untuk virus yang membuat penyakit gondong adalah virus paramyxovirus. Penyakit gondongan ini tidak menyerang anak dalam segala usia. Pada umumnya gondongan ini hanya menyerang anak yang memiliki usia antara 2 sampai 12 tahun saja. Penyakit ini memang bukan penyakit berbahaya akan tetapi jika anak terkena penyakit ini akan membuat anak menjadi tidak nyaman dan terasa sakit.

gejala gondongan pada anak

penyakit gondongan pada anak

Pada gejala gondongan pada anak yang sering terjadi sendiri pada awalnya anak akan mengalami demam yang tinggi. Bersamaan demam tersebut anak juga akan lebih sulit makan, sakit kepala, dan rahang kaku. Setelah hal tersebut dilewati maka akan mulai muncul bengkak pada leher. Biasanya pembengkakan pada penyakit ini akan berlangsung selama 3 hari saja. Akan tetapi jika gondongan terjadi pada orang dewasa juga bisa membuat testis juga membesar. Pada penderita gondongan biasanya akan membuat mereka kesulitan mengunyah jadi berikanlah makan lunak untuk anak yang gondongan.

pengobatan penyakit gondongan pada anak

Untuk pengobatan penyakit gondongan pada anak bisa dilakukan dengan mengompres anak pada bagian pipi serta leher. Hal ini bertujuan agar rasa nyeri yang dirasakan anak bisa berkurang. Selain itu dengan mengompres juga bisa membuat bengkak akibat gondongan bisa cepat kempis. Untuk melakukan kompres pada anak yang menderita gondongan dilakukan dengan menggunakan air hangat serta dingin. Untuk penggunaannya air ini ditempel secara bergantian dan diganti secara berkala, agar gondongan cepat kempis dan sembuh.

Selain itu kita juga bisa melakukan pencegahan agar anak kita tidak sampai terkena gondongan. Salah satu cara pencegahan tersebut adalah dengan memberikan imunisasi atu vaksin untuk gondongan. Imunisasi ini biasanya dilakukan sejak anak masih berusia dibawah satu tahun. Vaksin yang diberikan untuk mencegah gondongan biasanya adalah vaksin MMR yang diberikan dengan cara injeksi suntikan. Dengan melakukan pencegahan akan penyakit ini akan membuat anak selalu sehat. Meski demikian bukan berati anak bisa bebas sepenuhnya dari gondongan. Hanya saja, dengan melakukan vaksin akan membuat resiko gondongan akan jauh berkurang.

Penyakit gondongan adalah jenis penyakit yang bisa menular. Penularan penyakit ini bisa melalui bersin, batuk dan juga ingus dari penderita. Jadi, untuk penderita gondongan sebaiknya harus lebih hati-hati saat bersin, batuk atau membuang ingus agar orang lain tidak tertular. Meskipun bukan jenis penyakit yang serius penyakit gondongan tetap perlu dihindari terutama bagi anak. Penyakit gondongan pada anak akan membuat anak sulit makan dan malu. Terlebih dengan sakit gondong ini akan merasa nyeri yang sakit bagi anak-anak. Jadi, melakukan pencegahan dari awal adalah salah satu cara terbaik agar anak tidak terkena gondongan. Sekian untuk pembahasan penyakit gondongan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *