Mengintip Lezatnya Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Jika sudah mendengar nama buah salak, maka hampir semua orang Indonesia bisa dipastikan mengetahui lezatnya buah satu ini. Buah salak memang termasuk buah lokal atau buah yang bisa dibudidayakan dalam Indonesia yang begitu populer di tengah rakyat semua kalangan. Iklim tropis di Indonesia ternyata memang cocok menjadi habitat pertumbuhan buah satu ini. Karena itulah buah ini menjadi buah yang sangat mudah dijumpai, terutama saat musim buah, karena sifatnya yang mudah tumbuh di tanah Indonesia.

Namun, apakah Anda tahu manfaat buah salak untuk kesehatan? Selain rasanya yang unik namun lezat, tentu sebagai varian buah-buahan, salak memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berbeda dengan konsumsi makanan olahan yang bisa saja berdampak buruk ketika dikonsumsi di saat yang tidak tepat, mengkonsumsi buah tidak akan pernah memberi dampak negatif bagi tubuh. Jika terlalu banyak konsumsi buah mungkin efek yang akan kita dapat hanya sekadar sembelit atau mencret saja. Disamping efek pencernaan seperti ini, buah-buahan, tentu pula termasuk buah salak memiliki berbagai kandungan positif mulai sari serat, zat-zat nan bermanfaat dan berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang bisa membantu tubuh mempertahankan kesehatannya.

Lezatnya Buah Salak Baik Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Kelezatan rasa khas salak yang bisa memadukan rasa manis, asam, dan sedikit sepat yang sedap memang telah mencuri hati banyak orang. Manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh nyatanya juga tak kalah lezat dibanding rasanya. Apakah Anda sedang dalam terapi atau punya rencana diet sehat? Manfaat yang pertama dari buah salak adalah bisa menjadi buah terapi asupan diet. Pasalnya salak memiliki kandungan serat yang tinggi, terutama di bagian kulit arinya. Tekstur buah salak yang padat juga bisa berfungsi untuk memberikan efek kenyang yang lebih lama di lambung. Tentu efek kenyang bisa menunda rasa lapar yang akan dirasakan.

Nah, manfaat kedua adalah buah salak ini juga baik untuk mata, lho! Sebabnya adalah buah salak memiliki kandungan betakaroten yang cukup tinggi dalam daging buahnya. Betakaroten dalam salak merupakan zat yang dapat menjaga kesehatan mata agar bisa terhindar dari berbagai macam penyakit mata.

Selain itu, buah salak bisa juga biasa digunakan sebagai pencegah juga obat penyakit diare. Kandungan gizi dalam satu butir buah salak antara lain terdiri dari; protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor dan kalsium. Ditambah buah salak juga memiliki kandungan vitamin C tinggi yang sangat berguna untuk daya tahan dan melancarkan pencernaan tubuh. Karena itu buah salak juga dapat melancarkan BAB dan mencegah sembelit. Jika Anda mengkonsumsi salak beserta dengan kulit arinya, maka kandungan serat yang masuk akan lebih tinggi dan pencernaan menjadi lancar.

Nah manfaat selanjutnya, salak juga terkenal dapat menjaga kesehatan otak. Ya, buah ini memiliki kandungan potassium yang sangat dibutuhkan sistem saraf untuk dapat meningkatkan kinerja otak. Dengan asupan potassium yang cukup tentu kinerja otak akan lebih optimal. Anda dapat melakukan segala aktifitas dengan lebih ringan dengan otak yang sehat serta sistem syaraf yang sehat.

Namun ternyata ada batas untuk mengkonsumsi buah salak setiap hari. Anda hanya dianjurkan mengkonsumsi salak 3-5 buah saja setiap harinya agar tidak terkena dampak pencernaan yang terganggu. Konsumsi berlebih buah salak bisa mengganggu pencernaan Anda menjadi tidak lancar. Jadi, meskipun salak adalah buah yang mudah didapat, dengan harga murah, dan manfaat nan banyak sekali, namun ana tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *