Mengetahui Sejak Dini Apa Itu Penyakit Kanker Rahim dan Gejalanya?

Bagi para wanita di dunia, penyakit yang sangat mereka takuti adalah kanker rahim. Kanker ini merupakan penyakit pembunuh wanita terbanyak selain kanker payudara. Seorang wanita yang mengidap kanker rahim menjadikan dirinya tidak dapat hamil dan yang paling parah adalah menyebabkan kematian. Jumlah penderita kanker ini sangat banyak yaitu sepertiga dari seluruh penyakit kanker lain yang berkembang di Indonesia. Mengingat sangat berbahayanya kanker ini, ada baiknya kita mengetahui penyakit kanker serviks dan gejalanya.

Penting memang mencari tahu segala sesuatu yang berkaitan dengan penyakit kanker rahim dan gejalanya. Penyakit ini disebabkan oleh adanya virus HPV (human papiloma virus) yang merupakan mikroorganisme yang menyerang kulit lewat infeksi dan menyebabkan terjadinya penyakit kanker rahim. Bagi para wanita memang dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan IVA agar keberadaan penyakit ini dapat terdeteksi sejak dini. Biasanya pemeriksaan ini hanya dapat dilakukan oleh seorang wanita yang berusia minimal 21 tahun atau yang telah menikah.

Kanker Rahim

Kanker Serviks_3

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat tanda-tanda dan gejalanya dengan segera. Gejala awal kanker rahim yang patut diwaspadai ada beberapa hal yang kadang kala kita sepelekan. Gejala yang pertama yaitu keputihan yang berlebih. Keputihan memang sangat normal terjadi pada seorang wanita, yang menjadi masalah adalah jumlahnya yang berlebih dan banyak. Penting bagi seorang wanita untuk mengamati apakah cairan keputihan yang keluar berubah menjadi sangat kental, berbau tidak sedap, dan berwarna kehijauan sampai kecoklatan. Jika Anda mengalami hal ini segera periksakan diri ke dokter apakah itu kanker rahim atau bukan.

Gejala yang ke dua yaitu rasa sakit pada daerah kewanitaan. Rasa sakit yang dirasakan diakibatkan karena virus HPV telah berkembang dan berhasil menyerang sistem kekebalan tubuh. Rasa sakit ini akan meluas ke daerah bawah perut, persendian panggul, paha, dan ketika BAB. Pendarahan juga dapat menjadi tanda bahaya kanker rahim. Pendarahan yang dimaksud merupakan pendarahan tidak normal yang terjadi selain saat menstruasi dan jumlahnya berlebih. Pendarahan ini misalnya saja saat berhubungan intim, saat buang air kecil yang diiringi dengan rasa sakit. Jika memang Anda mengalami hal ini segeralah check up ke dokter sesegera mungkin.

Pembengkakan pada kaki merupakan salah satu tanda Anda terserang penyakit kanker ini. Aktivitas virus HPV yang terlihat secara fisik adalah dengan terjadi pembengkakan pada area seputar kaki. Rasa lelah yang berlebih juga menjadi salah satu ciri Anda terserang kanker serviks. Rasa lelah ini bahkan Anda rasakan ketika Anda tidak beraktivitas sekalipun. Jadi, ketika Anda menemukan tanda atau gejala kanker rahim yang telah kami jelaskan diatas, segeralah berkunjung dan berkonsultasi dengan dokter. Hal ini dilakukan agar penyakit Anda dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *