Mengenali Tanda dan Ciri-Ciri Kanker Rahim

Walaupun kanker serviks penyebab kematian akibat kanker terkemuka untuk wanita di dunia, tapi ternyata menjadi kanker yang paling mudah cara pencegahannya. Penyakit ini memang sangat ditakuti oleh para kaum wanita. Mengapa demikian, karena penyakit ini dapat menjadikan seorang wanita tidak memiliki anak atau bahkan menyebabkan dirinya meninggal. Mengingat sangat mengerikannya penyakit ini, kami akan berbagi mengenai tanda dan ciri-ciri kanker rahim. Hal ini sebagai pengetahuan Anda agar lebih waspada dan menjaga kesehatan organ kewanitaan Anda dengan baik.

Tanda dan Ciri-Ciri Kanker Rahim

Kanker Rahim_3

Seperti penyakit lainnya kanker rahim juga memiliki tanda dan ciri-ciri kanker rahim sebagai peringatan bagi Anda. Ada beberapa gejala yang dapat ditunjukkan tubuh untuk memperingatkan kita bahwa ada yang tidak beres dalam kesehatan tubuh kita. Ciri-ciri kanker rahim stadium awal biasanya akan timbul jelas ketika sel-sel kanker tumbuh melalui lapisan atas jaringan serviks ke dalam jaringan dibawahnya. Tanda awal paling umum terserang penyakit kanker serviks yaitu mengalami pendarahan yang tidak teratur. Pendarahan ini terjadi antara periode menstruasi atau setelah berhubungan seks.

Tanda dan ciri-ciri kanker rahim yang jelas terlihat pada stadium awal selain pendarahan juga mengalami keputihan. Keputihan yang terjadi memiliki karakteristik yang tidak biasa, dan berbeda dengan keputihan yang normal dialami wanita. Karakteristik keputihan itu yaitu pucat, berair, warna coklat, berbau busuk atau tidak sedap, dan diwarnai dengan adanya darah (bercak darah). Jika Anda mengalami gejala ini segeralah periksakan diri ke dokter bisa jadi itu merupakan ciri-ciri kanker rahim yang patut Anda waspadai dan harus mendapat penanganan tepat.

Ciri kanker rahim lanjutan yang dapat terjadi setelah mengalami gejala awal ada beberapa hal yang perlu diwaspadai. Tanda-tanda ini merupakan gejala kanker serviks stadium lanjut yang patut Anda perhatikan dengan baik dan perlu pemeriksaan klinis untuk memastikannya. Tanda dan ciri-ciri kanker rahim lanjutan yaitu mengalami nyeri punggung atau panggul, kesulitan buang air kecil atau buang air besar dikarenakan obstruksi, pembengkakan salah satu atau kedua kaki, mengalami kelelahan bahkan saat tidak beraktivitas sama sekali, dan penurunan berat badan yang drastis dan tidak wajar.

Setelah mengetahui tanda dan ciri-ciri kanker rahim tentu membuat Anda lebih waspada dan selalu menjaga kesehatan Anda dengan baik. Lalu, siapa saja wanita yang berpeluang terkena penyakit ini? Wanita yang beresiko terkena penyakit ini adalah mereka yang tidak mendapatkan vaksinasi HPV, bergonta-ganti pasangan seksual, hubungan seksual pertama pada usia dibawah 21 tahun, melakukan hubungan seks dengan seorang pria yang pasangannya mengidap kanker rahim, merokok, sistem kekebalan tubuhnya lemah, dan terakhir penggunaan dietilistilbestrol (DES) selama kehamilan. Periksakan diri Anda dengan segera ke dokter jika Anda merasa ada yang mencurigakan dengan tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *