Manfaat Daun Sirih Untuk Jerawat Membandel

Manfaat daun sirih untuk jerawat mungkin belum Anda pahami dengan baik. Daun sirih biasanya dikenal sebagai obat alami untuk daerah kewanitaan. Namun ternyata daun sirih juga bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat, baik jerawat yang masih tunas, yang sudah membandel, bahkan bekas-bekasnya. Jerawat merupakan masalah yang sudah umum dialami oleh seseorang, baik pria maupun wanita. Jerawat muncul karena berbagai sebab, dapat karena kondisi psikis seperti stress, keadaan hormonal yang tidak stabil, minyak berlebihan, bakteri yang menempel di pori-pori kulit wajah, dan dari makanan yang kita makan. Berikut ini ada dua tips mengobati jerawat dengan daun sirih.

Manfaat daun sirih untuk jerawat

manfaat daun sirih untuk jerawat

Cara pertama, yaitu dengan merebus 10 lembar daun sirih atau secukupnya untuk kebutuhan Anda. Setelah mendidih, tunggu sampai airnya dingin. Peraslah daun sirih agar kandungan zat dari daun sirih yang ada dalam air rebusannya lebih pekat. Pergunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mencuci muka terutama pada daerah yang terkena jerawat. Lakukan dengan teratur 2-3 kali sehari, selepas bangun tidur, setelah beraktivitas, dan menjelang tidur malam hari.

Selanjutnya, yaitu dengan menggunakan daun sirih tanpa direbus. Caranya, cukup cuci bersih beberapa lembar daun sirih, lalu dilumatkan sampai lembut. Balurkan pada bagian-bagian wajah yang terdapat jerawat. Diamkan sampai sari-sarinya meresap ke dalam kulit wajah sekitar 20-30 menit. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih. Lakukan ini 2-3 kali saja dalam seminggu, jangan terlalu sering. Ketiga, dengan mencampurkan daun sirih dan jahe. Siapkan 10 lembar daun sirih dan satu ruas jahe. Usahakan kedua bahan tersebut masih segar. Setelah dicuci bersih, lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum rebusan daun sirih dan jahe ini selagi hangat. Lakukan dengan teratur setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Mengapa daun sirih bermanfaat untuk mengobati jerawat? Manfaat daun sirih untuk jerawat karena pada daun sirih terdapat beberapa zat, diantaranya yaitu zat antiseptic, antibakteri, dan eugenol. Antiseptik dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Produk-produk antiseptic yang diolah di pabrik juga banyak yang berbahan daun sirih. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda menggunakan daun sirih secara langsung. Zat antibakteri juga dapat mencegah tumbuhnya jerawat, sedangkan zat eugenol merupakan zat anti jamur yang dapat menghambat pertumbuhan sel-sel jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *