Manfaat ASI Bagi Ibu dan Buah Hati

Manfaat ASI sangatlah banyak baik bagi bayi maupun bagi ibu. ASI dengan segala manfaatnya bagi bayi, bisa dikatakan sebagai minuman wajib yang harus terberikan kepada setiap bayi yang lahir di muka bumi. Namun terkadang ada saja ibu yang tidak mau menyusui anaknya dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah tidak ingin payudaranya menjadi kendur. Namun, haruskah mengorbankan kepentingan anak demi menjaga bentuk tubuh? Dan sebenarnya menyusui juga memberikan banyak manfaat untuk sang bunda.

Manfaat ASI Eksklusif

Manfaat Asi

Badan kesehatan dunia merekomendasikan agar ibu menyusui paling tidak selama 5 bulan pertama. Pemberian ASI eksklusif sangat penting bagi bayi. Manfaat ASI eksklusif bagi bayi adalah bayi akan mendapatkan kolostrum yang sangat berguna sebagai sumber antibodi, sehingga bayi bisa terhindar dari serangan berbagai penyakit. Bayi akan terlindungi dari berbagai alergi dan infeksi. Selain itu, pemberian ASI eksklusif juga akan membantu bayi dalam membentuk sistem pencernaan yang sempurna. Sehingga pada saat nanti ada makanan lain yang masuk ke tubuhnya, tubuh bayi lebih mampu untuk mentolerir zat asing yang masuk dan sistem pencernaan sudah siap menerimanya.

Manfaat ASI dibanding susu formula

Manfaat ASI dibanding susu formula yaitu, ASI mengandung semua zat gizi penting yang bayi butuhkan, seperti AA, DHA, protein, laktosa, omega 6, taurin, laktobasius, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, lisozim, dan laktoferin. Semua zat tersebut ada dalam takaran pas bagi bayi. Dan komposisi inilah yang berusaha ditiru oleh susu formula. Meskipun menggunakan segala daya upaya, tetap saja perusahaan susu formula tidak mampu memproduksi susu formula yang lebih unggul dari ASI.

Selain itu, ASI tidak mengenal kata basi dan selalu terberikan dalam keadaan segar. Karena ASI dihasilkan langsung dari payudara ibu, tanpa ada campur tangan dari bahan kimia. Asalkan ibu menjaga asupan makanan yang dibutuhkan selama proses menyusui, maka kualitas ASI yang dihasilkan juga akan terjaga. ASI juga terbukti lebih higienis. Ini sangat berbeda dengan susu formula yang rentan mengalami pencemaran, entah dari susunya sendiri maupun dari botol dan air yang digunakan. ASI juga mempunyai sistem atau cara kerja unik, karena ASI mampu mengubah komponen yang terkandung di dalamnya sesuai kebutuhan tumbuh kembang bayi.

Manfaat ASI bukan hanya dirasakan oleh bayinya saja. Tetapi ibu juga akan merasakan manfaatnya. Dengan menyusui, ibu juga akan lebih sehat. Proses menyusui akan memicu keluarnya hormon oxytocin yang akan mempercepat rahim kembali ke ukuran semula. Menyusui juga membantu ibu untuk menurunkan berat badan secara cepat, juga menurunkan resiko terkena kanker payudara. Dan yang paling menakjubkan adalah menyusui juga mengurangi ibu mengalami osteoporosis. Banyak orang berpikir bahwa dengan menyusui, akan mengurangi kepadatan tulang karena kalsium terserap ke susu. Namun kenyataannya, kepadatan tulang justru meningkat setelah proses menyusui.

Manfaat ASI bagi ibu dan bayi

Manfaat ASI bagi ibu dan bayi yang tak dapat dipungkiri adalah bahwa menyusui menimbulkan kedekatan intim antara ibu dan si buah hati. Ibu yang menyusui terbukti memiliki ikatan batin yang lebih kuat dengan anaknya dibandingkan ibu yang tidak menyusui. Proses menyusui menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi bayi, dan itu akan menjadi dasar bagi terbentuknya rasa aman secara psikologis selama bertahun-tahun ia hidup. Itulah sebagian manfaat ASI yang tak terbantahkan. Jadi, sangatlah rugi bagi mereka yang tidak mau memberikan ASI pada anaknya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *