Kanker Lidah: Penyebab dan Ciri-cirinya

Mungkin diantara kita ada yang masih asing dengan jenis kanker yang akan kita bahas bersama kali ini. Nama penyakit kanker yang menjadi topik pembahasan kita adalah kanker lidah. Sesuai dengan namanya, tentunya penyakit ini menyerang pada bagian lidah. Kanker jenis ini merupakan kanker yang terjadi pada lidah ketika pertumbuhan sel-sel lidah menjadi tidak terkendali. Bisanya kanker ini tumbuh dan berkembang pada sel skuamosa yang ada dipermukaan lidah. Banyak juga orang yang menyebut kanker ini dengan istilah karsinoma sel skuamosa. Untuk lebih jelasnya, mari kita cari tahu bersama apa penyebab dan bagaimana ciri atau gejalanya.

Kanker Lidah

Kanker Lidah

Penyebab dari kanker lidah memang belum diketahui secara pasti. Tapi ada beberapa faktor yang dapat memicu kemunculan kanker ini. Faktor pemicu yang paling umum adalah ketika seseorang yang mengalaminya merupakan perokok dan meminum minuman keras. Kedua hal itu merupakan faktor utama meningkatnya resiko kanker yang berkembang pada leher dan kepala, termasuk lidah. Yang kedua adalah human papilloma virus (HPV). Anda dapat tertular virus ini melalui sentuhan langsung dengan kulit pengidap virus HPV atau dapat melalui kontak seksual.

Setelah mengetahui penyebabnya, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya yaitu faktor resiko kanker lidah. Berikut merupakan beberapa faktor resiko terkena kanker lidah, yaitu jenis kelamin laki-laki, kebersihan mulut dan gigi yang buruk, usia 40 tahun lebih, iritasi pada membrane mukosa mulut yang berulang akibat merokok dan minum minuman keras. Faktor lainnya yaitu riwayat sariawan yang sering, riwayat keluarga, dan daya tahan tubuh melemah seperti halnya pasien HIV. Jadi, kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi merupakan faktor penting.

Ciri-Ciri Kanker Lidah

Mari kita mengetahui apa ciri-ciri kanker lidah setelah membahas penyebab dan yang beresiko terkena penyakit ini. Gejala kanker ini hampir sama dengan gejala kanker mulut lainnya. Tanda yang paling umum yaitu adanya ulkus (luka pada lidah mirip sariawan, namun tak sembuh-sembuh walaupun sudah diobati).  Selain itu, ciri lain dari kanker lidah yaitu lidah terasa nyeri berkepanjangan yang biasanya terasa sampai pada rahang. Adanya benjolan atau penebalan di lidah dan dalam rongga mulut lainnya merupakan ciri umum yang akan muncul jika terserang kanker ini.

Gejala selanjutnya dari kanker lidah yaitu adanya bercak berwarna putih atau merah pada lidah, gusi, tonsil, dan lapisan mulut lainnya. Umumnya seseorang yang terkena kanker ini juga akan merasa sakit tenggorokan atau ada benjolan yang terdapat di tenggorokannya yang tidak hilang-hilang. Lidah juga akan mati rasa dan sulit untuk digerakkan, kesulitan menelan atau mengunyah dan kesulitan menggerakkan rahang. Jika Anda mengalami beberapa ciri tersebut sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar penyakit Anda akan segera tertangani dengan baik dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *