Ini Dia Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh Bayi, Kecantikan dan Untuk Diet!

Brokoli termasuk sejenis sayuran hijau dengan kandungan nutrisi yang begitu tinggi. Brokoli sendiri merupakan sejenis sayuran yang tergolong ke dalam kubis-kubisan. Brokoli memiliki kandungan vitamin C yang begitu tinggi sehingga dapat berkontribusi bagi kesehatan tubuh. Tak hanya kandungan vitamin C saja, manfaat brokoli bagi kesehatan juga tak lain karena kandungan asam folat, karotenoid atau provitamin A, dan sejumlah vitamin E di dalamnya. Brokoli sebenarnya bisa dimakan baik mentah maupun di masak. Akan tetapi, cara paling baik untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan menjadikannya salad untuk dimakan mentah.

Brokoli memang sudah lama dipercaya sebagai makanan super dengan memberikan manfaat yang begitu luar biasa bagi kesehatan. Nilai gizi yang terdapat pada brokoli dianggap sebagai makanan pembangkit tenaga dengan kandungan vitamin C, vitamin A, protein, zat besi, kalsium, karbohidrat dan kromium. Bagi Anda yang penasaran apa saja manfaat dari sayuran hijau ini, langsung saja simak ulasannya di bawah ini:

Manfaat brokoli untuk kesehatan

Manfaat Brokoli_2

  1. Mencegah Risiko Penyakit Kanker

Manfaat brokoli untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mencegah terjadinya kanker. Brokoli memiliki kandungan glucoraphanin, yang bisa di proses sebagai zat anti kanker, yaitu sulforaphane. Zat ini bermanfaat untuk mengusir bakteri pada tubuh, seperti Helicobacter pylori. Adapun semua bakteri tersebut diketahui bisa meningkatkan terjadinya risiko penyakit kanker lambung. Tak hanya itu saja, brokoli memiliki kandungan indole 3 carbinol, yakni senyawa anti karsinogen dan anti oksidan yang bisa menghambat terjadinya pertumbuhan kanker payudara, kanker prostat, meningkatkan terjadinya fungsi hati dan kanker serviks.

  1. Menyehatkan Mata

Sayuran hijau brokoli ini juga bermanfaat untuk menyehatkan mata. Brokoli sebagai sumber utama dari vitamin A dibutuhkan untuk dapat membentuk retina. Tak hanya itu saja, senyawa Karotenoid lutein atau pigmen organik pada brokoli dapat mencegah terjadinya regenerasi makular yang berhubungan dengan katarak.

  1. Menyehatkan Bayi

Brokoli merupakan sayuran hijau yang super dan kaya manfaat, yang tak hanya bisa dirasakan tubuh orang dewasa saja melainkan juga untuk bayi. Manfaat brokoli untuk bayi sendiri adalah dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang pada bayi. Kalsium dan vitamin yang terkandung pada brokoli ini memang sangat baik dalam membantu proses pertumbuhan tulang bayi. Tak hanya itu saja, brokoli pun bisa membantu meningkatkan daya imun tubuh bayi agar tak mudah terserang oleh berbagai macam penyakit.

  1. Melembutkan Kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan, brokoli juga sangat bermanfaat bagi kecantikan, yaitu salah satunya melembutkan kulit tubuh. Manfaat brokoli untuk kecantikan sendiri yaitu dapat memperbaiki kerusakan sel pada kulit tubuh dan menghaluskan kulit secara alami. Brokoli sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan untuk luluran dan masker tubuh.

  1. Menyehatkan Jantung

Brokoli mengandung Karotenoid lutein yang berkhasiat untuk mencegah terjadinya penebalan arteri pada tubuh, dengan begitu kandungan yang terdapat pada brokoli tersebut bisa melawan penyakit stroke dan jantung. Asam folat dan vitamin B6 yang terdapat pada brokoli bisa mengurangi radang dalam pembuluh darah yaitu aterosklerosis.

  1. Membantu Program Diet

Seperti kita ketahui, brokoli adalah sejenis sayuran dengan kandungan karbohidrat yang rendah dan kaya akan serat sehingga bisa dimanfaatkan untuk program diet. Di mana, manfaat brokoli untuk diet ini adalah dapat memberikan rasa kenyang lebih lama jika mengkonsumsinya sebelum makan. Hal ini dikarenakan kandungan serat tinggi pada brokoli membuatnya lebih mudah untuk dicerna.

Demikian ulasan mengenai khasiat brokoli bagi kesehatan tubuh, bagi bayi dan kecantikan untuk Anda. Semoga bermanfaat!

2 Comments
  1. eko junaidi
    • admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *