Ini Dia Manfaat Bekam Untuk Kesehatan Titik-Titik Bagian Tubuh Tertentu

Bekam merupakan sejenis terapi maupun pengobatan alternatif populer di masyarakat Indonesia kini. Terapi bekam merupakan terapi kesehatan melalui pengeluaran darah yang kotor pada lapisan kulit. Bagi Anda yang belum pernah terapi ini, tentu terdengar begitu menyakitkan namun ternyata terapi bekam memiliki banyak manfaatnya tersendiri untuk kesehatan. Nah, ingin tahu apa saja manfaat bekam? Di bawah ini penjelasannya.

Sebenarnya terdapat 2 macam terapi bekam, di antaranya bekam kering dan bekam basah. Bekam kering biasanya dilakukan pada seseorang yang takut terhadap darah dan suntikan, yaitu dengan membekam kulit hingga tampak merah dan kehitam-hitaman hingga 3 hari, kemudian menghisap kulit dan memijat-mijat di area sekitarnya. Sementara bekam basah sendiri dilakukan sesudah bekam kering. Bekam basah biasanya memakai jarum yang tajam untuk dapat mengeluarkan darah yang kotor pada tubuh melalui di bekam.

Manfaat Bekam Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bekam

Bekam merupakan sebuah terapi kesehatan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Terapi dengan bekam ini sebenarnya sudah begitu lama dikenal di masyarakat Indonesia khususnya. Ada banyak manfaat bekam bagi kesehatan yang bisa dihasilkan melalui terapi bekam ini. Sebenarnya ada sebanyak 350 titik biasanya yang dimanfaatkan pada terapi bekam. Akan tetapi, dari beberapa titik tadi hanya terdapat 12 titik yang paling umum digunakan pada terapi bekam ini, diantaranya 3 di bagian kepala, di leher, dada, kaki, dan bagian pinggang.

Ada sejumlah penyakit yang bisa disembuhkan oleh terapi bekam, di antaranya depresi, penyakit jantung, penyakit kulit, gangguan syaraf, vertigo, gagal ginjal, darah tinggi, kolesterol, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Karena manfaatnya inilah, tak jarang banyak orang yang memilih alternatif penyembuhan dengan terapi bekam ini jika dibandingkan pergi ke rumah sakit. Sebab terapi bekam tak hanya lebih praktis, melainkan juga tidak membutuhkan banyak dana untuk melakukannya.

Biasanya pada penyakit yang berkategori ringan, seperti contohnya sakit pinggang, sakit kulit dan sebagainya, maka cukup melakukan terapi bekam beberapa kali saja, yakni 1 kali dalam sebulan maksimalnya. Sementara untuk mengobati penyakit-penyakit yang berat, maka terapi bekam pun perlu dilakukan secara berulang-ulang dengan rutin, hingga penyakit tersebut sembuh total. DI mana berbagai macam penyakit tersebut tentunya membutuhkan waktu penyembuhan yang bervariasi.

Manfaat Bekam Bagi Jantung

Manfaat bekam untuk jantung sendiri memang luar biasa. Seperti kita ketahui, penyebab terjadinya serangan jantung yaitu kadar kolesterol tinggi yang terdapat dalam darah lalu menyumbat aliran dalam darah entah itu menuju atau dari jantung. Dengan begitu, menggunakan metode terapi bekam ini, maka darah kotor dengan kandungan kolesterol di dalamnya bisa dikeluarkan, sehingga bisa membantu untuk meminimalisir dan menghilangkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Manfaat Bekam Bagi Kepala

Terapi bekam di bagian kepala bisa memberikan manfaat yang begitu luar biasa. Adapun beberapa manfaat bekam untuk kepala adalah dapat mengobati migrain, mengatasi rasa pusing, menyembuhkan vertigo, menyembuhkan stroke, mengatasi gangguan sihir, mengatasi sakit gigi, mengatasi parkinson, menormalkan gangguan hipertensi, mencerdaskan otak, meningkatkan konsentrasi, mengobati penyakit di hidung, telinga dan mata, serta lain sebagainya.

Manfaat Bekam Untuk Wajah

Selain di kepala dan jantung, tak sedikit orang juga melakukan bekam di bagian wajah. Adapun manfaat dari bekam wajah ini di antaranya dapat mengatasi timbulnya jerawat, mengangkat bakteri pada wajah dan menyehatkan kulit di wajah dengan melancarkan peredaran darah pada kulit wajah. Manfaat bekam wajah berikutnya bisa membuat kulit menjadi lebih sehat, cerah dan berseri.

Jadi, bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan kulit yang cantik, maka alternatif terapi bekam bisa menjadi pilihan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *