Gejala dan Ciri-Ciri Kanker Kulit

Kanker kulit merupakan suatu kondisi tumbuhnya sel-sel kanker yang terdapat pada kulit. Penyebab dari kanker ini sebenarnya berbeda-beda, biasanya kanker ini umumnya menyerang yang memiliki pigmen putih pada kulit. Meskipun begitu, tak menutup kemungkinan kanker ini tak menyerang orang yang memiliki kulit gelap. Adapun salah satu penyebab yang umum terjadinya kanker pada kulit ini adalah akibat paparan sinar UV yang berbahaya. Kenapa orang yang berkulit putih memiliki potensi lebih besar mengalami kanker di kulit? Ya, karena orang yang memiliki pigmen kulit berwarna putih memiliki perlindungan kulit terhadap sinar UV lebih sedikit jika dibandingkan pemilik kulit berwarna hitam.

Ciri-Ciri Kanker Kulit

Kanker Kulit_1

Seperti kita ketahui, pemanasan global yang saat ini sudah semakin mengkhawatirkan dengan cuaca yang begitu ekstrim rasanya tak heran jika akan ada banyak penderita kanker di kulit karena kurangny11a perlindungan terhadap paparan sinar UV yang berbahaya. Berkembangnya sel-sel kanker pada pigmen kulit ini memang sangat berbahaya apalagi jika tak ditangani dengan tepat. Orang yang mengalami penyakit kanker ini biasanya merasakan sakit yang begitu menyiksa. Tak hanya itu saja, bahkan jika kanker sudah semakin parah akan membuat penderitanya kesulitan bernafas. Jika keadaan kanker ini sudah fatal, bisa menyebabkan Kematian bagi penderitanya.

Sebenarnya, agar kita terhindar dari kanker yang menyerang kulit ini bisa dicegah dengan memakai sun block saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini dikarenakan, ketika kita beraktivitas di lapangan yang terbuka bisa memicu paparan sinar UV langsung menuju permukaan kulit. Paparan sinar UV ini akhirnya akan membuat kulit menjadi terbakar dan bisa memicu terjadinya sel kanker yang menyerang area kulit Anda. Untuk melakukan penanganan sejak dini, kita harus mengenai gejala dan ciri-ciri kanker kulit itu sendiri. Umumnya ciri-ciri dari kanker ini hampir sama seperti penyakit kulit yang lain, wajar jika kanker ini sangat sulit dideteksi sejak dini.

Ciri-ciri umum dari kanker jenis ini biasanya ditandai dengan munculnya bercak merah pada kulit, dan kulit menjadi kering. Selain itu, kulit juga akan terkelupas dengan sendirinya. Namun, ada beberapa gejala yang bisa Anda temui jika seseorang menderita kanker pada kulit, seperti berikut ini:

  1. Pertama-tama munculnya benjolan diluar kulit atau timbulnya tumor pada kulit dengan bentuk yang asimetris.
  2. Benjolan pada kulit sendiri mempunyai warna bergradasi atau tak rata, seperti warna yang gelap di bagian tengah.
  3. Umumnya diameter benjolan tersebut tak wajar, apabila dibandingkan diameter pensil.
  4. Bentuk benjolan pada kulit pun berubah-ubah. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melakukan pengambilan gambar atau foto benjolan di kulit saat haru pertama lalu ambil kembali gambarnya di Minggu berikutnya. Anda bisa mengamati perubahan warna, ukuran dan juga bentuknya.
  5. Benjolan tersebut juga menimbulkan rasa gatal dan sakit saat disentuh.

Ciri-ciri yang pasti dari timbulnya kanker pada kulit ini juga bisa sampai mengeluarkan darah dan umumnya sulit untuk sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *