Gagal Ginjal Kronik dan Bahayanya

Gagal ginjal kronik adalah salah satu penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan. Dengan seseorang terkena gagal ginjal kronik akan membuat orang ini harus terus menerus secara rutin cuci darah. Dengan perlunya rutin cuci darah dan kondisi darah yang tidak tersaring antara nutrisi dan racun ini akan membuat orang juga memiliki kemungkinan untuk terjangkit penyakit lainnya yang jauh lebih berbahaya dan mematikan. Dengan bertambahnya penyakit yang menjangkiti tubuh akan membuat gagal ginjal semakin sulit untuk disembuhkan. Untuk menambah pengetahuan tentang bahaya gagal ginjal, berikut akan dibahas 8 komplikasi penyakit ginjal kronik yang perlu diwaspadai.

gagal ginjal kronik

  1. Kelebihan cairan

Dengan penderita gagal ginjal akut terlalu banyak minum air bisa berakibat pada kondisi kadar gula yang meningkat. Dengan hal ini bisa berakibat berbahaya bahkan seseorang bisa mengalami kejang-kejang.

  1. Hyperkalimea

Hyperkalimea adalah sebuah komplikasi akibat tingginya kadar kalsium pada penderita gagal ginjal. Dengan hal ini terjadi akan membuat kinerja jantung tidak normal dan bisa membuat jantung berhenti bekerja dan meninggal mendadak.

  1. Metabolik Asidosis

Penyakit ini disebabkan oleh tidak berfungsinya ginjal untuk menyaring cairan, asam dan elektrolit. Jika hal ini terjadi tubuh akan sulit mengatur ph darah yang berakibat pembuluh darah membesar dan hal fatal lainnya.

  1. Mineral dan tulang terganggu

Dengan kurangnya kalsium tulang pada penderita gagal ginjal kronis ini akan membuat tulang penderita gagal ginjal akan mudah patah dan rapuh. Hal ini akan terjadi jika gagal ginjal kronik tidak kunjung disembuhkan.

  1. Hypertensi

Hypertensi adalah salah satu penyakit yang mengintai penderita gagal ginjal kronik. Dengan adanya gangguan glomerular akan membuat orang mengalami darah tinggi. Selain itu, darah tinggi ini juga bisa disebabkan oleh naiknya tekanan dan banyaknya cairan dalam darah.

  1. Anemia

Pada penderita gagal ginjal akut produksi hormon eritrokosit berkurang, dengan kekurangan zat tersebut akan membuat sum-sum tulang menipis. Dengan demikian pula akan berakibat pada berkurangnya produksi darah dalam tubuh.

  1. Dislipidemia

Pada orang yang mengalami gangguan ginjal yang parah akan membuat ginjal kesulitan mengontrol kolesterol. Hal ini akan berakibat naiknya kolesterol dengan cepat.

  1. Disfungsi seksual

Jika seorang pemuda terutama pada lelaki yang menderita gagal ginjal akut biasanya akan lebih mudah lelah terutama pada saat berhubungan badan.

Itulah beberapa bahaya dan penyakit lanjutan yang bisa dialami oleh para penderita gagal ginjal yang kronis. Oleh sebab itu, segeralah lakukan pengobatan terhadap penyakit gagal ginjal yang dialami agar tidak semakin parah. Dengan melakukan penanganan dengan cepat dan benar akan membuat penyakit Anda juga cepat sembuh. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat agar hidup Anda selalu sehat, bebas penyakit, dan lebih berkualitas. Itu saja untuk pembahasan gagal ginjal kronik dan juga bahayanya semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *