Ciri-Ciri Kanker Darah (Leukimia) Pada Anak-Anak dan Dewasa

Kanker darah (Leukimia) adalah penyakit kanker yang menyerang area sumsum tulang belakang atau menyerang darah. Sampai saat ini, kanker darah merupakan penyakit kanker yang paling ditakuti oleh setiap orang. Bahkan kanker leukemia ini sejatinya telah merenggut banyak jiwa. Tak heran rasanya jika penderita leukemia sering merasa pesimis ketika mereka divonis penyakit tersebut. Kanker darah sendiri disebabkan oleh radiasi yang terjadi di lingkungan sekitar, seperti radiasi bom nuklir. Akibat radiasi inilah yang akhirnya membuat sel darah pada manusia terganggu hingga menimbulkan perkembangan sel darah putih yang semakin banyak.

Untuk dapat menangani penyakit ini, Anda harus mengetahui ciri-ciri penderita kanker darah sejak dini. Biasanya untuk orang yang normal, saat ia mengalami luka dan mengeluarkan darah maka darah akan menggumpal, aliran darahnya pun tidak akan lebih cepat terhenti. Berbeda halnya dengan orang yang menderita kanker darah ini, dimana saat ia terluka maka darah yang keluar pun sangat sulit dihentikan. Hal inilah yang menyebabkan penderita akan mengalami kekurangan darah atau anemia. Selain tanda-tanda tersebut, penderita kanker ini memiliki darah yang berwarna merah muda. Berbeda dengan warna darah pada umumnya.

ciri-ciri kanker darah

Kanker Darah (Leukemia)

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ciri-ciri kanker darah yang wajib diketahui sebagai berikut:

  1. Penderita mengalami mimisan

Tanda-tanda awal kanker darah adalah penderita biasanya mengalami mimisan terlalu sering. Sebenarnya, pada orang yang normal sendiri mimisan bisa terjadi ketika suhu badan seseorang terlalu tinggi. Selain itu, mimisan tersebut hanya berlangsung dengan waktu singkat. Hal ini berbeda dengan penderita kanker darah, yang mengalami mimisan terlalu sering diiringi dengan rasa sakit di kepala yang teramat sangat.

  1. Pendarahan pada gigi dan gusi

Penderita yang mengalami kanker darah juga relatif sering mengalami pendarahan di area gigi dan juga gusi. Berbeda halnya dengan pendarahan gusi untuk orang yang normal karena kekurangan vitamin. Pendarahan yang terjadi ini pun sangat sulit diatasi, hal ini dikarenakan darah sulit membeku.

  1. Nyeri persendian dan tulang belakang

Tak hanya mengalami pendarahan saja, penderita leukemia juga akan mengalami rasa sakit di area tulang belakang dan persendian dengan begitu hebat. Selain itu, penderita juga akan mengalami demam tinggi. Hal ini dikarenakan sumsum pada tulang belakang mulai digerogoti oleh pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

Sebenarnya, kanker darah sendiri tak hanya dialami oleh orang dewasa karena jenis penyakit kronis ini juga bisa menyerang anak-anak. Pada anak-anak sendiri, gejala kanker darah tidak dapat dikenali secara pasti. Selain itu, anak-anak juga tidak begitu menyadari gejala-gejala yang dialaminya. Umumnya penderita kanker darah pada anak sendiri menyebabkan berat badan anak menjadi menyusut. Hal ini dikarenakan berkurangnya nafsu makan pada anak. Tak hanya itu saja, biasanya anak yang memiliki penyakit leukemia ini mengalami hilangnya keseimbangan tubuh. Pada penderita kanker darah, anak lebih mudah terjatuh ketika berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *