Ciri-Ciri dan Obat Gondongan Pada Anak

Obat gondongan pada anak sering sekali dicari oleh orang tua, terutama untuk mengobati penyakit gondongan. Pada usia masa pertumbuhan anak memang rentan terkena penyakit, termasuk gondongan yang sering terjadi pada anak. Tahukah Anda, bahwa ternyata gondongan ini merupakan salah satu jenis penyakit menular. Penyebab gondongan adalah karena terkena virus Paramyxovirus. Jika sudah terinfeksi virus ini, bisa menyebabkan pembengkakan disekitar bawah pipi, atau bisa juga di antara rahang bawah dan atas. Akibat dari pembengkakan inilah yang oleh masyarakat awam disebut gondongan.

penyakit-gondongan-pada-anak

penyakit gondongan pada anak

 

Dalam dunia kedokteran, gondongan merupakan jenis penyakit Mumps atau parotitis. Sebagian besar penyakit yang disebabkan oleh virus ini sering menyerang pada anak-anak. Namun ada beberapa kasus bisa terjadi pada orang dewasa. Efek yan timbul dari virus ini juga sama yaitu adanya pembengkakan disekitar rahang bawah. Jika seseorang sudah mengalami gondongan, biasanya akan menular ke orang lain, bisa melewati air liur, bekas alat makan dan sebagainya. Sehingga penderita dan orang disekitarnya harus lebih hati-hati ketika bersinggungan langsung.

Gejala yang sering timbul pada saat terjadi penyakit gondongan pada anak biasanya diawali dengan munculnya demam. Hal ini sering terjadi pada anak-anak diatas usia 2 tahun. Sedangkan dibawah usia tersebut biasanya lebih kuat terhadap serangan virus, sebab masih mengkonsumsi air ASI yang memang baik manfaatnya untuk kekebalan tubuh. Sedangkan pada anak yang baru merasa demam, keesokan harinya mulai terlihat gejala baru berupa pembengkakan disekitar rahang bawah. Jika sudah demikian sebaiknya segera lakukan pertolongan pertama. Anda bisa menggunakan cara alami untuk memberikan pertolongan obat pertama sebelum periksa dokter. Namun kadang ada juga cara alamiah tersebut yang langsung bisa menyembuhkan gondongan.

Contoh obat alami untuk gondongan adalah dengan minum ekstrak kunir asem. Serta parutan kunir yang di oleskan disekitar rahang yang bengkak. Ada juga cara yang dilakukan pada orang jaman dahulu untuk mengobati gondongan, yaitu dengan cap gondong. Sebenarnya obat penyakit gondongan cap tersebut hanya terbuat dari campuran blau untuk pewarna pakaian. Namun sebagai mitos, ternyata hal itu juga bisa membantu proses penyembuhan. Disisi lain berdasarkan uji klinis, seseorang yang telah mengalami gondongan biasanya tidak akan terkena gondongan lagi. Dengan kata lain bisanya penyakit ini sekali seumur hidup.

Sebagai obat yang paling baik adalah pencegahan secara alami. Jika Anda memiliki anak kecil usia balita, biasakan untuk menjaga kebersihan. Kurangi jenis makan instan terutama yang mengandung bahan pengawet dan kimia, sebab jenis penyakit ini sering disebabkan karena kekurangan iodium. Sehingga cara paling tepat adalah mencegah serta membiasakan dari awal terhadap anak-anak kita, terutama pola hidup sehat yang ditanamkan sejak usia dini. Sekian sedikit ulasan tentang gejala dan mengatasi gondongan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *