Bahaya dan Tanda-Tanda Kanker Paru-Paru

Kanker Paru-Paru merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan adanya kondisi abnormal di sekitar paru-paru. Kanker ini termasuk jenis penyakit yang berbahaya bagi manusia. Apabila kanker paru-paru sudah telah menyerang, maka akan membuat penderitanya merasa begitu tersiksa. Tak hanya itu saja, bahkan kanker ini bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya. Umumnya, kanker jenis ini menyerang orang dengan kebiasaan merokok, maka terjadilah kerusakan sel-sel pada paru-parunya sebagai pemicu awal terjadinya kanker ini. Namun, tak semua kanker di paru-paru ini disebabkan oleh kerusakan awal di paru-paru, tetapi juga bisa terjadi akibat perkembangan sel kanker yang sudah menyebar hingga ke semua bagian tubuh.

Umumnya gejala dari kanker ini tidak begitu banyak diketahui penderitanya. Kebanyakan kasus penderita kanker di paru-paru ini hanya menganggap gejala yang muncul merupakan gejala dari penyakit biasa saja. Biasanya orang yang menderita penyakit kanker ini, akan mengalami batuk-batuk yang terlalu sering. Batuk yang terjadi umumnya sulit untuk disembuhkan, selain itu juga biasanya menimbulkan sesak nafas atau seperti penderita asma. Tak hanya itu saja, terkadang penderita juga mengalami rasa sakit di bagian dada. Adapun beberapa tanda-tanda kanker paru-paru yang perlu diketahui sejak awal adalah sebagai berikut:

tanda-tanda kanker paru-paru

Kanker Paru-Paru

  1. Biasanya orang-orang yang mengalami penyakit kanker ini akan mengalami penurunan berat badan, karena umumnya penderita kanker di bagian paru-paru akan merasa kesulitan nafsu makan.
  2. Penderita juga umumnya akan mengeluarkan dahak yang diiringi dengan darah saat batuk. Di awal-awal darah yang keluar saat batuk keluar dengan jumlah yang sedikit namun lama kelamaan darah yang keluar bersamaan dengan dahak akan semakin bertambah banyak.
  3. Tak hanya darah saja yang keluar saat batuk melainkan juga penderita akan mengalami perubahan suara menjadi parau dan serak. Untuk itu, jika Anda merasakan adanya perubahan suara yang diiringi dengan batuk berdarah sebaiknya mewaspadainya dan langsung melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis.
  4. Penderita juga akan mengalami rasa lelah yang teramat sangat meskipun tidak melakukan banyak aktivitas. Selain itu, penderita kanker ini juga akan mengalami mood yang mudah berubah.

Jika Anda mengalami tanda-tanda yang disebutkan diatas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis agar Anda mendapatkan penanganan yang tepat. Penyebab dari kanker ini sebenarnya diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok. Rokok memiliki kandungan zat nikotin yang bersifat racun yang bisa merusak tubuh apabila sering terhirup. Zat nikotin inilah yang memicu tumbuhnya sel-sel kanker yang menyerang tubuh. Jika sudah terkena kanker maka bukan hanya paru-paru Anda saja yang menjadi imbasnya melainkan jiwa Anda. Untuk itu, bagi Anda yang ingin memiliki paru-paru sehat sebaiknya hindari merokok!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *