Atasi Sinusitis Dengan Pengobatan Tradisional Alami

Bagi Anda yang sering mengalami masalah seputar hidung seperti seringnya hidung tersumbat, jangan abaikan, karena gejala ini merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan dari penyakit sinusitis. Penyakit ini adalah peradangan rongga udara bagian dalam pada hidung. Terdapat perbedaan antara sakit flu dan sinusitis. Jika flu merupakan sakit yang dapat sembuh dengan sendirinya dan rasa mampat di hidung dapat hilang timbul, lain halnya dengan sinus. Sinusitis terjadi karena infeksi mikroorganisme patogen. Jamur dan bakteri yang berkembangbiak di dalam sinus menyebabkan penyumbatan intermiten dari ostium sinus. Hidung tersumbat dari gejala sinus dapat berlangsung lama dan terus-menerus.

Penyakit sinusitis dan pengobatannya

Sinusitis

Gejala lain yang ditimbulkan dari penyakit sinusitis yaitu sakit kepala yang berlangsung lama, demam cukup tinggi, wajah menjadi nyeri, sakit tenggorokan dan batuk-batuk. Penderita penyakit ini juga akan mengalami pilek yang lama dan terkadang pendengaran juga ikut berkurang sebelum dilakukan pengobatan. Penyakit sinusitis dan pengobatannya menjadi perhatian yang perlu dipahami dan diwaspadai oleh masyarakat. Hal yang sering terjadi adalah pilek dan hidung tersumbat yang terus-menerus dianggap biasa, sehingga masyarakat tidak menyadari adanya penyakit sinus.

Salah satu cara mengatasi penyakit sinusitis adalah dengan menghirup uap air setidaknya tiga kali sehari. Pagi-pagi setelah bangun tidur, rebus air dan hirup uap agar rongga hidung Anda mendapatkan hawa panas yang akan membuka saluran pernafasan. Setelah itu, minumlah air hangat. Lakukan ini untuk waktu-waktu yang lain dalam satu hari itu, terutama pagi dan malam sebelum Anda tidur. Anda juga dapat menghirup aroma minyak kayu putih kapan saja Anda membutuhkan meskipun hidung sedang tidak tersumbat.

cara tradisional menyembuhkan penyakit sinusitis

Sebagai cara tradisional menyembuhkan penyakit sinusitis yang lebih maksimal manfaatnya, Anda dapat mencampurkan satu liter air mendidih, mentol, chamomile, dan minyak kayu putih. Setelah itu, hirup uap airnya agar hidung Anda terasa lega. Lakukan ini sedikitnya tiga kali dalam sehari. Setelah itu, celupkan handuk bersih pada air rebusan tersebut dan kompreskan pada dahi. Apabila Anda mempunyai alergi maka sebisa mungkin hindari pemicunya. Biasanya alergi yang berhubungan dengan hidung adalah pada bau-bauan tertentu, udara dingin, tungau, debu, dan asap.

Istirahat cukup dan melakukan olahraga juga bisa menjadi pencegahan penyakit ini. Hindari stres dengan selalu melakukan relaksasi dan latihan pernapasan. Olahraga yang dapat membantu Anda melatih pernafasan salah satunya adalah yoga. Olahraga ini tidak berat tetapi efektif mengatasi masalah hidung karena sinusitis. Sediakan waktu Anda untuk menempelkan kain hangat pada wajah. Terlebih dahulu kain dicelupkan atau dibasahi dengan air hangat. Istirahatlah yang cukup dan minum air cukup. Hindari dan minuman yang dingin-dingin. Usahakan selalu minum air hangat atau minimal air matang biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *