Atasi Penyakit Ginjal Dengan Cara Alami

Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang masyarakat di dunia. Gejala penyakit ini tidak hanya menyerang orang yang sudah dewasa, tetapi dapat menjangkit siapa saja tanpa kenal umur. Penyakit ini terjadi karena terdapat gangguan sistem penyaringan ginjal. Pada kondisi ini fungsi ginjal sudah tidak optimal lagi untuk menjalankan tugasnya dan dapat terjadi penumpukan racun. Gejala awal sakit ginjal ditandai dengan adanya rasa nyeri diarea pinggang. Penyebab utamanya adalah karena kurangnya seseorang dalam mengkonsumsi air putih yang cukup, sedangkan minum air putih yang disarankan adalah 8 gelas per hari. Terlalu banyak minum-minuman serbuk dan makanan yang mengandung zat yang kurang baik bagi tubuh pun juga bisa menjadi pemicu sakit yang satu ini.

Gejala penyakit ginjal

penyakit ginjal dan pengobatannya

Gejala penyakit ginjal selain nyeri di pinggang adalah penderita merasakan lemas, sering merasa mual dan ingin muntah, nafsu makan menjadi turun, wajah pucat seperti kekurangan darah, buang air kecil yang sering tetapi dalam volume yang sedikit-sedikit, bahkan sampai sesak napas. Adapun macam-macam penyakit ginjal ada tiga jenis. Ginjal akut merupakan masalah ginjal yang mendadak dan penderita susah buang air kecil. Nephritis merupakan gangguan ginjal yang menyerang saringan ginjal. Hal ini ditandai dengan tungkai dan muka yang bengkak, dan ketika pemeriksaan urin terdapat protein dan darah di dalam urin. Terakhir adalah gagal ginjal kronis, yakni berupa masalah penurunan fungsi ginjal yang sudah menahun.

Gejala-gejala yang terjadi dibiarkan begitu saja tanpa penanganan sehingga semakin lama semakin memburuk. Apabila Anda kurang minum maka gejala nyeri akan menyebar ke seluruh tubuh. Gejala yang lebih spesifik lagi adalah rasa sakit ketika buang air kecil, bahkan disertai keluar darah dan urin keluar secara sedikit-sedikit. Gejala berikutnya merasakan sering pusing dan mual, dan lebih lanjut terjadi demam yang tinggi.

Beberapa penyebabnya adalah karena seseorang kurang menjaga kesehatan, pola hidupnya kurang sehat, makanan yang dikonsumsi kurang diperhatikan kandungannya, dan kurang minum air putih. Air putih meskipun terkesan sederhana tetapi tidak boleh diabaikan. Adapun rangkaian penyakit yang dapat menjadi faktor pemicu penyakit ginjal adalah penyakit diabetes, hipertensi, infeksi pada ginjal yang meskipun sudah sembuh dapat meninggalkan luka, pengaruh obat-obatan, penyakit kronis hepatitis, dan infeksi lain yang berhubungan dengan ginjal.

penyakit ginjal dan pengobatannya

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai penyebab penyakit ginjal dan pengobatannya. Penyebabnya telah diuraikan di atas, kemudian untuk membuat obatnya Anda dapat mengacu pada beberapa cara dan bahan-bahan alami yang berbeda untuk masing-masing resep. Untuk ramuan pertama, siapkan satu genggam daun kumis kucing, satu genggam daun kacabeling, dua rimpang temulawak, dan satu liter air. Cuci bersih semua bahan dan potong temulawak menjadi bagian kecil-kecil. Rebus semua bahan sampai mendidih. Saring airnya dan tunggu sampai hangat. Minumlah air tersebut secara teratur setiap hari.

cara mengobati ginjal dengan daun sirsak

Berikutnya adalah cara mengobati ginjal dengan daun sirsak. Siapkan 5 lembar daun sirsak, 3 sendok makan madu asli, dan 3 gelas air. Cuci bersih daun sirsak dan rebus dengan air yang telah dipersiapkan. Biarkan air mendidih dan menyusut menjadi satu gelas saja. Dinginkan sampai hangat-hangat kuku lalu tambahkan madu. Aduk rata dan minum setiap hari setiap malam. Anda juga dapat membuat ramuan herbal untuk mengatasi penyakit ginjal dengan 30 gram pegagan, 60 gram akar alang-alang, 30 gram daun atau akar meniran segar, dan 800 cc air. Rebus semua bahan laku saring airnya. Minumlah tiga kali sehari masing-masing 150 cc.

Obat gagal ginjal dari daun sukun juga dapat Anda buat sendiri dengan sederhana dan mudah. Siapkan daun sukun secukupnya, setelah dicuci lalu direbus sampai mendidih. Saring airnya dan dinginkan sampai hangat atau dingin. Minum air rebusan daun sukun tersebut dua kali sehari. Lalu dari kedelai juga dapat dibuat obat herbal mengatasi penyakit ginjal. Anda membutuhkan tiga sendok makan biji kedelai dan tiga gelas air. Bersihkan kedelai lalu rebus sampai mendidih dengan air yang telah disiapkan sampai airnya menjadi satu setengah gelas atau setengahnya. Setelah mendidih, saring airnya dan minum selagi hangat setiap pagi setelah bangun tidur.

Berikutnya dengan daun seledri satu ikat. Setelah dicuci bersih lalu dipotong-potong dan direbus dengan air secukupnya selama kurang lebih 10 menit. Setelah mendidih dinginkan terlebih dahulu. Saring airnya dan masukkan dalam botol. Minumlah setiap hari 1 gelas, jika masih tersisa simpan di dalam lemari es. Terdapat juga ramuan dari daun pinang. Siapkan daun pinang beberapa lembar, tumbuk sampai halus. Campurkan dengan sedikit minyak kelapa dan panaskan diatas api kecil sambil diaduk-aduk. Ramuan ini dapat digunakan untuk mengompres pinggang ketika sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *