Atasi Bau Badan Tak Sedap dengan Manfaat Daun Sirih

Daun sirih yang selama ini kita kenal sebagai penghenti aliran darah pada saat mimisan ternyata tidak hanya terhenti sampai di situ saja manfaatnya. Karena beberapa penyakit bisa diatasi dengan baik dengan adanya daun sirih ini, sehingga penting untuk kita semua menanam sirih di pekarangan rumah kita. Pasalnya, sirih sangat mudah di tanam dan tidak membutuhkan banyak tempat untuk dapat menanamnya. Saat ini daun sirih bisa kita dapatkan dengan mudah, terutama di pasar tradisional. Karena masih ada masyarakat kita yang nyirih, yaitu mengunyah sirih dengan berbagai ramuan di dalamnya.

Jenis Daun Sirih dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sirih_1

Di negara kita tidak hanya ada satu sirih saja yang bisa kita kenal, namun beberapa daun sirih bisa hidup dan berkembang dengan sangat baik di daerah tropis. Setidaknya ada tiga macam daun sirih yang bisa kita temui di negara kita, yaitu sirih hijau, merah dan hitam. Dan diantara ketiga daun sirih ini daun sirih hijau dan merah merupakan jenis sirih yang paling populer. Sudah bukan rahasia kalau sirih merupakan tanaman herbal yang banyak sekali manfaatnya.

Di daerah pedesaan kita bisa jumpai sirih sebagai tanaman hias sekaligus apotek hidup. Obat tradisional ini kini mulai dikemas dalam bentuk cair oleh beberapa pabrik, kemudian dijadikan cairan yang sangat bermanfaat. Manfaat daun sirih bagi wanita ini antara lain sebagai pelancar haid yang tidak teratur, mengatasi keputihan hingga gatal pada vagina. Selain itu, air sirih juga sangat bermanfaat untuk merapatkan dan membuatnya lebih kesat pada vagina terutama setelah melahirkan. Nah, apa lagi manfaat daun sirih yang lain? Mari kita lihat lebih dalam.

  1. Penghilang bau badan

Untuk menghilangkan bau badan, remas atau haluskan daun sirih kemudian oleskan pada ketiak setelah mandi dan lakukan secara teratur.

  1. Obat sakit gigi dan pembengkakan pada gusi

Anda mungkin sering melihat nenek-nenek yang masih memiliki gigi lengkap meskipun sudah tua. Di antara mereka bahkan mengaku tidak pernah mengalami sakit gigi selama hidupnya. Ini disebabkan oleh kebiasaan nyirih yang dilakukan nenek moyang kita. Jika Anda memiliki keluhan dengan sakit gigi, dan sering mengalami pembengkakan pada gusi, maka kunyahlah sirih yang dicampur dengan gambir, kapur sirih dan pinang muda. Lalu tahan air dari kunyahan ini dan gunakan untuk kumur-kumur.

  1. Mencegah dan mengobati jerawat

Selain manfaat di atas, manfaat daun sirih untuk jerawat juga merupakan salah satu manfaat yang telah dikenal oleh banyak orang. Adapun caranya adalah tumbuk halus daun sirih dan oleskan pada wajah yang berjerawat. Setelah itu diamkan selama beberapa menit hingga satu jam dan bilas dengan air hingga bersih.

  1. Mengatasi sakit mata

Belekan, iritasi dan sakit mata yang lain yang disebabkan oleh debu bisa diatasi dengan menggunakan daun sirih ini. Adapun caranya yaitu dengan merebus daun sirih hingga mendidih, setelah hangat, gunakan untuk meneteskannya pada mata.

  1. Obat demam berdarah

Manfaat daun sirih untuk kesehatan yang lain adalah untuk obat demam berdarah. Rebus 5 lembar daun sirih dengan menggunakan 2 gelas air hingga air tinggal tersisa 1 gelas saja. Kemudian minum air rebusan ini secara teratur yaitu 2 kali dalam sehari.

Demikian tadi beberapa manfaat daun sirih bagi wanita dan untuk kesehatan sehingga Anda bisa menyediakannya dengan menanam di pekarangan rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *