7 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Kulit, Ibu Hamil dan Bayi

Bayam adalah sejenis sayuran hijau yang begitu kaya nutrisi, seperti kandungan mineral dan vitamin di dalamnya. Sayuran bayam ini memiliki kandungan nutrisi dan gizi tinggi, terlebih lagi kandungan zat besi yang ada d dalamnya. Zat besi pada bayam memang begitu baik untuk melancarkan proses metabolisme tubuh dan juga untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Manfaat bayam memang begitu banyak bagi tubuh, mulai dari panca indra hingga manfaat bagi organ-organ vital dalam tubuh. Bayam memiliki kandungan kalsium, protein, asam folat, magnesium, serat, mangan, vitamin K, vitamin A dan lain sebagainya. Selain itu, bayam mengandung kalori yang cukup rendah.

Manfaat Bayam

Manfaat Bayam

  1. Melembabkan Kulit

Salah satu manfaat bayam adalah melembabkan kulit karena kandungan vitamin A tinggi di dalamnya. Manfaat bayam untuk kulit ini yaitu dengan menjaga tingkat kelembaban kulit tubuh. Tak hanya itu, bayam juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat yang membandel serta bisa mengatasi masalah keriput pada wajah. Memanfaatkan bayam sendiri bisa dilakukan memakai 2 cara, yakni dapat dijadikan untuk lulur atau masker, dan juga bisa dikonsumsinya langsung.

  1. Menyehatkan Mata

Bayam memiliki kandungan zat besi dan kalium yang begitu baik untuk menyehatkan mata Anda. Vitamin A dan zat besi bisa menjernihkan penglihatan serta menjadikan mata lebih segar dan sehat. Adapun dengan mengonsumsi bayam setiap hari bisa mencegah terjadinya penyakit mata katarak ataupun rabun.

  1. Menyehatkan Tulang dan Otak Bayi

Manfaat sayur bayam lainnya yaitu dapat menyehatkan otak dan tulang pada bayi. Adapun manfaat bayam untuk bayi ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan otak pada bayi dan juga anak-anak. Tak hanya itu, zat besi dan kalium yang terdapat pada bayam begitu baik untuk tumbuh kembang tulang pada bayi. Seperti kita ketahui selama masa pertumbuhan, bayi memerlukan kalium dan zat besi dalam jumlah yang banyak. Untuk itu, dengan mengonsumsi bayam bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak serta tumbuh kembang tulang anak.

  1. Mencegah Terjadinya Anemia

Bayam selain bermanfaat untuk kesehatan bayi dan anak, juga sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Manfaat bayam untuk ibu hamil ini di antaranya mencegah terjadinya anemia. Seperti kita ketahui, ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang begitu banyak untuk tumbuh kembang janin di dalamnya.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat sayur bayam berikutnya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Berdasarkan penelitian, dalam 1 cangkir bayam sendiri bisa mengandung sebanyak 337% lebih dari AKG untuk vitamin A, selain melindungi juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan yang terdapat pada sayur bayam bisa membantu melawan terjadinya infeksi dalam tubuh.

  1. Membantu Program Diet

Bayam memiliki kandungan serat hingga 20% lebih dan juga begitu baik untuk program penurunan berat badan atau diet. Kandungan serat yang tinggi pada bayam ini berkontribusi pada manfaat bayam untuk diet, karena bisa menurunkan nafsu makan dan memenuhi kebutuhan serat pada tubuh. Serat yang terkandung pada bayam juga dapat membantu melancarkan proses metabolisme tubuh saat diet. Jadi, untuk Anda yang sedang menjalankan program diet tak lengkap rasanya jika tidak memasukkan sayur bayam ini ke dalam menu makanan diet Anda.

  1. Mengatasi Pendarahan Pada Gusi

Manfaat sayur bayam yang terakhir adalah untuk mengatasi terjadinya pendarahan gusi. Adapun untuk mengatasi gusi berdarah, Anda bisa memanfaatkan campuran antara jus wortel dan bayam.

Itulah manfaat daun bayam untuk kesehatan ibu hamil, kulit dan untuk perkembangan bayi. Semoga bermanfaat bagi tubuh!

One Response
  1. eko junaidi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *